Sunday 25 March 2012

Strategic Factors (faktor-faktor strategis)

Strategic Factors (faktor-faktor strategis) yang berkaitan dengan pendukung sistem informasi dari sasaran bisnis dipertimbangkan untuk setiap proyek yang diusulkan. Nilai-nilai yang dihasilkan dievaluasi untuk menentukan proyek sistem mana yang akan menerima prioritas yang tertinggi. Selain dikatakan layak, proyek sistem yang diusulkan harus mendukung faktor-faktor strategis, seperti:
  1. Produktivitas mengukur jumlah output yang dihasilkan oleh input yang tersedia.Tujuan produktivitas adalah mengurangi atau menghilangkan biaya tambahan yang tidak berarti. Produktivitas ini dapat diukur dengan rasio antara biaya yang dikeluarkan dengan jumlah unit yang dihasilkan.
  2. Diferensiasi mengukur bagaimana suatu perusahaan dapat menawarkan produk atau pelayanan yang sangat berbeda dengan produk dan pelayanan dari saingannya. Diferensiasi dapat dicapai dengan meningkatkan kualitas, variasi, penanganan khusus, pelayanan yang lebih cepat, dan biaya yang lebih rendah. 
  3. Manajemen melihat bagaimana sistem informasi menyediakan informasi untuk menolong manajer dalam merencanakan, mengendalikan dan membuat keputusan. Manajemen ini dapat dilihat dengan adanya laporanlaporan tentang efisiensi produktivitas setiap hari.

referensi:
HM., Yogiyanto, Analisis dan Disain Sistem Informasi : Pendekatan    Terstruktur, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta, 1995.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.