Friday 19 June 2015

BLENDED LEARNING


  1. Harding, Kaczynski dan Wood (2005); Blended learning merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan pembelajaran tradisonal tatap muka dan pembelajaran jarak jauh yang menggunakan sumber belajar online dan beragam pilihan komunikasi yang dapat digunakan oleh guru dan siswa. Pelaksanaan pembelajaran ini memungkinkan penggunaan sumber belajar online, terutama yang berbasis web, dengan tanpa meninggalkan kegiatan tatap muka. Dengan pelaksanaan blended learning, pembelajaran berlangsung lebih bermakna karena keragaman sumber belajar yang mungkin diperoleh. 
  2. Thorne (2003); Blended learning adalah perpaduan dari teknologi multimedia, CD ROM video streaming, kelas virtual, voicemail, e mail dan teleconference, animasi teks online dan video streaming. Dalam blended learning, semua itu dikombinasikan dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu blended learning menjadi solusi yang tepat dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan pembelajar. Seperti yang dikatakan Smaldino (2007:44) bahwa blended dilakukan ketika macthing dengan situasi siswa. Dalam kegiatan pembelajaran, blended learning sangat berpotensi menciptakan pengalaman bagi pembelajar. Karena blended learning membantu merepresentasikan keuntungan yang jelas untuk dapat menciptakan pengalaman belajar tersebut. Yang mana dari pengalaman yang diperoleh pembelajar dapat memberikan pengetahuan, keterampilan dan kompetensi bagi pembelajar itu sendiri. Tanpa memerhatikan jarak dan waktu, blended learning dapat menjadi salah satu cara untuk mencapai tujuan yang diharapkan. 
  3. MacDonald (2008); Istilah blended learning biasanya berasosiasi dengan memasukkan media online pada pembelajaran, sementara pada saat yang sama juga bisa dilakukan pembelajaran tatap muka dengan cara konvensional. Cara ini dilakukan untuk mendukung pemahaman pembelajar terhadap tujuan dari pembelajaran. Misalnya dengan menggunakan menggabungkan penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran dan sebagai sumber belajar. Sebagai media pembelajaran akan melakukan pembelajaran synchronous seperti penggunaan dalam proses pembelajan berupa teks dan audio. Dan sebagai sumber belajar dengan melakukan pembelajaran asynhcronous seperti pengunaan e mail, forum diskusi, web pembelajaran. 
  4. Bersin (2004); Blended learning merupakan kombinasi berbagai media pembelajaran yang berbeda agar agar tercipta program pembelajaran yang optimum. Seperti teknologi, aktifitas dan berbagai jenis peristiwa. 
  5. Rooney (2003); Blended learning adalah gabungan konsep belajar yang mengintegrasikan pembelajaran dalam kelas dan konsep e-learning



MUTIAH HUMAERAH
12030048

Sumber:

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.